20 April 2011

Ekonomi SMP IX RPP 3



EKONOMI IX RPP 3

RENCANA PEMBELAJARAN III

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kerja Sama Ekonomi Internasional
Kelas                  :     IX (sembilan)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  1.      Mendeskripsikan arti dan tujuan  kerja sama ekonomi antarnegara.
                  2.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil mendiskusikan dengan siswa materi tentang arti                                    dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                                antarnegara.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku, maupun buku-buku lain yang relevan                                 dengan materi pelajaran.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi arti                                                           dan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara, dan bentuk-bentuk kerja sama                                antarnegara.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa


II.     Pertemuan ke-2

         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang ekonomi..
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi regional dan                                                multilateral.        
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan, mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi                                      regional dan multilateral.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi badan-badan kerja                                sama ekonomi regional dan multilateral.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
                  6.      Guru memberi PR kepada siswa, untuk menyebutkan badan-badan kerja                                   sama ekonomi regional dan multilateral yang diikuti oleh Indonesia.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa.
                  4.      Penilaian terhadap PR siswa.


III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian                                 Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan dampak kerja sama ekonomi antarnegara terhadap                                       perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa.
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang dampak kerja sama ekonomi antarnegara                                terhadap perekonomian Indonesia.
                  2.      Siswa menyimak penjelasan guru, sambil membaca buku materi pelajaran.
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan dampak kerja sama ekonomi                                                  antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian hasil ulangan siswa.

Ekonomi SMP IX RPP 2



EKONOMI IX RPP 2

RENCANA PEMBELAJARAN II

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Perdagangan Internasional
Kelas                  :     IX (sembilan)
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya                       perdagangan internasional.
                  2.      Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil mendiskusikan materi tentang pengertian dan                            faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional,                                 dan manfaat perdagangan internasional.
                  2.      Siswa membaca buku-buku yang relevan dengan materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi                                         pelajarannya, guru menyimpulkan materi tentang pengertian dan faktor-                                    faktor yang          menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, dan                                    manfaat perdagangan internasional.
                  5.      Siswa diminta mengerjakan soal-soal tes tertulis yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap pemahaman materi siswa.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes.
                                     
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional.
                  2.      Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis devisa.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa membaca materi pelajaran maupun buku-buku sumber lain yang                             relevan dengan materi.
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang hambatan perdagangan internasional,                            dan pengertian, fungsi, serta jenis-jenis devisa.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi, sambil melakukan tanya jawab                              secara lisan.
                  4.      Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi tentang                               hambatan perdagangan internasional, dan pengertian, fungsi, serta jenis-                                     jenis devisa, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran                           tersebut.
                  5.      Siswa diminta mengerjakan soal-soal ulangan harian berupa tes tertulis                             yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  2.      Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara                                 lisan.
                  3.      Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.


III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa..
                  2.      Mengidentifikasi perbedaan ekspor dan impor.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan sambil berdiskusi dengan siswa  tentang materi sumber-                                sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
                  2.      Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang                                         relevan dengan materi.  
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi sumber-sumber dan                              tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
                  4.      Guru menyimpulkan materi.
                  5.      Guru meminta siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
                  3.      Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
                  4.      Penilaian terhadap hasil PR siswa.
                 
         IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap   perekonomian Indonesia.
         B.     Indikator
                  Menjelaskan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian                                   Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru memberikan secara garis besar materi tentang dampak perdagangan                                  internasional terhadap perekonomian Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang                                         relevan dengan materi.  
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi sambil melakukan tanya jawab                                        tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian                                        Indonesia.      
                  4.      Guru menyimpulkan materi.
                  5.      Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  2.      Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
                  3.      Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
                  4.      Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.