25 March 2011

Ekspansi Tata Motors dari India, Tata Nano.


Ekspansi Tata Motors Ke Benua Asia, Eropa Dan Amerika Serikat.


  Tata Nano


Tata Motors meluncurkan  Tata Nano, mobil paling murah di didunia pada bulan Januari 2008. City car ini diresmikan pada tahun 2008 pameran Auto Expo di Pragati Maidan , New Delhi. Tata telah mendirikan pabrik di Sanand, Gujarat dan produksi Nano pertama akan  digelar dimusim panas 2009. 


Produk Tata Motor
Secara keseluruhan produk – produk Tata Motor adalah sebagai berikut:
Mobi Penumpang  dan Kendaraan Utilitas 

 Tata Xenon
  • Tata Siera ( dihentikan )
  • Tata Estate ( dihentikan )
  • Tata Sumo/ Spacio
  • Tata Sumo Grande
  • Tata Safari
  • Tata Indica
  • Tata Vista
  • Tata Indigo
  • Tata Manza
  • Tata Indigo Marina
  • Tata Winger
  • Tata Magic
  • Tata Nano
  • Tata Xenon XT
  • Tata Aria
 Tata Indica

 Tata Safari

Kendaraan Konsep
  • 2000 Aria Roadster r
  • 2001 Aria Coupe  
  • 2002 Tata Indiva
  • 2004 Tata Indigo Advent
  • 2005 Tata X Over
  • 2006 Tata Cliffrider
  • 2007 Tata Elegante
  • 2009 Tata Pr1ma
  • 2010 Tata Versa
  • 2010 Tata Essota
  • 2011 Tata Pixel
Kendaraan Komersial 


  • Tata Ace Tata Ace
  • Tata TL/Telcoline /207DI Pickup Truck
  • Tata 407 Ex and Ex2
  • Tata 709 Ex
  • Tata 809 Ex dan Ex2
  • Tata 909 Ex dan Ex2
  • Tata 1109 (Intermediate truck)  
  • Tatan1510/1512  (Medium bus chassis)
  • Tata 1612/1616 (Heavy bus chassis)  
  • Tata 1618 (Semi Low Floor bus chassis)
  • Tata 1610/1623 (Rear Engined Low Floor bus chassis)  
  • Tata 1613/1615 (Medium truck)
  • Tata 2515/2516 (Medium truck)
  • Tata Starbus (Branded Buses for city, inter city, school bus and standard passenger transportation)
  • Tata Globus (Range of fully built luxury coaches)
  • Tata Hipano Globus (Rear Engined Inter city coach)
  • Tata Marcopolo Bus (Low Floor, Semi Low Floor buses for Mass Rapid Transit and also standard passenger transportation Buses)  
  • Tata 3015 (Heavy truck)  
  • Tata 3118 (Heavy truck) (8×2)  
  • Tata 3516 (Heavy truck)
  • Tata 4018 (Heavy truck)
  • Tata 4923 (Ultra-Heavy truck) (6×4)
  • Tata Novus (Heavy truck designed by Tata Daewoo)
  • Tata Prima (The World Truck designed by Tata Motors and Tata Daewoo)  
Kendaraan Militer
  • Tata LSV (Light Specialist Vehicle) Tata LSV (Kendaraan Spesialis Light)
  • Tata Mine Protected Vehicle (4×4) Tata Kendaraan Tambang Dilindungi (4 × 4)
  • Tata 2 Stretcher Ambulance Tata 2 Ambulance Tandu
  • Tata 407 Troop Carrier, available in hard top, soft top, 4×4, and 4×2 versions Tata 407 Troop Carrier, tersedia di atas keras atas, lembut, 4 × 4, dan 4 × 2 versi
  • Tata LPTA 713 TC (4×4) Tata LPTA TC 713 (4 × 4)
  • Tata LPT 709 E Tata LPT 709 E
  • Tata SD 1015 TC (4×4) Tata SD 1015 TC (4 × 4)
  • Tata LPTA 1615 TC (4×4) Tata LPTA 1615 TC (4 × 4)
  • Tata LPTA 1621 TC (6×6) Tata LPTA 1621 TC (6 × 6)
  • Tata LPTA 1615 TC (4×2) Tata LPTA 1615 TC (4 × 2)
  • Tata Winger Passenger Mini Bus Tata Winger Penumpang Mini Bus 

 Tata Nano

Tata Nano Europa telah dibentuk mobil ini agar dijual di negara maju dan untuk memasuki pasar eropa tahun 2010. Sedianya Nano akan mencapai pasar di Afrika Selatan, Kenya dan negara-negara di Asia dan Afrika pada akhir tahun 2009. Tata Motor Eropa Technical Centre adalah anak perusahaan Tata berbasis di Inggris.
Tata Nano adalah, city car murah bermesin belakang , empat penumpang  diproduksi oleh perusahaan India Tata Motors dan ditujukan terutama di pasar domestic India. 

Tata Motors mulai menjual mobil Tata Nano seharga  "satu lakh "di bulan Maret, 2009. Mobil termurah di dunia saat itu, meskipun harganya terus meningkat  karena biaya bahan yang semakin mahal. NiatTata adalah untuk menjual mobilnya dengan harga mulai dari satu lakh , atau 100.000 rupee, sekitar US $ 2000 pada saat itu. Pada tahun 2010, biaya paling rendah untuk memproduksi Tata Nano sekitar US $ 2900.
Ini disebabkan oleh kenaikan harga bahan yang tinggi , naik 13% menjadi 23% dari produksi pertama mobil Tata Nano, berakibat pada biaya biaya produksi lebih dari 1 lakh atau US$ 2.220 

Pada akhir Oktober 2010, Reuters melaporkan bahwa harga rata –rata akan naik sebesar 9.000 rupee  atau US $ 202  dari bulan November karena meningkatnya biaya bahan produksi.
Pada peluncurannya Nano ini tersedia dalam tiga varian
  • Tata Nano Standar dengan kisaran harga  142,000 rupee atau US$ 3,152.4 tidak ada acesoris.
  • Tata Nano Cx deluxe dengan kisaran harga 171,000 rupee atau US$ 3,796.2 dilengkapi AC.
  • Tata Nano LX Luxury dengan kisaran harga 195,000 rupee atau US$ 4,329 dilengkapi denga AC dan Power Window.
Tata Nano Versi ekspor pertama kali ditampilkan pada 2009 di Jenewa Motor Show  tetapi belum mulai dijual.Hal ini dikarenakan Tata Nano harus memenuhi standar keselamatan Uni Eropa dan Standar Emisi,  akan ada perbaikan atas Nano standar, termasuk wheelbase diperpanjang, mesin 3 silinder baru, power steering, pemasangan (ABS) dan perbaikan  interior  dan eksterior. Di Europa Nano akan lebih mahal,dengan kisaran harga menjadi sekitar US$ 6000.
Perusahaan Tata Motors akan mengekspor kendaraannya ke Indonesia, Thailand, Srilangka dan Afrika pada bulan pada Desember 2011. Kendaraan akan memenuhi persyaratan peraturan di negara-negara ini.

 Tata Nano

Amerika Serikat Dan Eropa
Berkenaan dengan Amerika Serikat Tata Motors telah mengkonfirmasikan rencananya untuk membuat sebuah versi dari Tata Nano sangat murah untuk dijual di Amerika Serikat.
Berbicara di Cornell Global Forum, CEO Ratan Tata mengakui bahwa Nano akan perlu untuk memenuhi semua standar emisi dan kecelakaan sebelum masuk pasar Amerika Serikat  pada tahun 2011. Nano Europa, yang mencapai 65 mpg, akan memasuki Eropa pada tahun 2011 dengan harga sekitar US$ 2300.


Malaysia
Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin mengungkapkan tertarik dengan Tata Nano untuk dijadikan mobil rakyat, ketika dirinya melakukan kunjungan resmi ke India dan bertemu dengan produsen mobil India Tata Motors. Saat itu Muhyiddin berharap Tata Motors dapat masuk ke pasar Malaysia dan bekerja sama dengan perusahaan otomotif nasional Malaysia, Proton atau Perodua.
" Menurut Muhyidin , Ratan  Tata merasa harus ada suatu sinergi antara dirinya dan Proton atau Perodua karena mereka telah berada di industri otomotif untuk waktu yang lama. Pihak Malaysia bisa membawa tim teknis untuk membicarakan hal itu dengannya. " .
Bila melihat dari statement itu, besar kemungkinan Proton yang akan maju untuk mengandeng Tata memproduksi Nano, sebab Perodua sahamnya dimiliki oleh Daihatsu yang juga memiliki ambisi untuk membuat mobil berharga murah.

Proton sendiri sebelumnya sudah bekerja sama dengan Lotus dan Mitsubishi serta sedang mengincar Nissan March untuk dilabeli Proton. Kerja sama antara Proton dengan pabrikan mobil lain kebanyakan menghasilkan sebuah mobil bermerek Proton meski dicomot dari merek yang diajak kerja sama.

Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin berharap, Tata Nano dapat dijual di Malaysia dengan kisaran harga sekitar RM 20.000  atau Rp. 57,9 jutaan,.
Tata Nano sendiri merupakan mobil termurah di dunia saat ini. Mobil tersebut di India hanya dilepas dengan harga mulai dari US$ 2.500 atau sekitar Rp 22 jutaan saja.


Indonesia

Tata Motors menyatakan, Tata Nano akan memasuk ke pasar Indonesia  paling cepat tahun 2011.
Kepastian ini muncul dari salah seorang Area Manager Tata Motors yang enggan disebutkan namanya ketika ditemui disela-sela pameran Made In India, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (7/8/2009).

Tata Motors menurutnya saat ini masih berusaha untuk memenuhi permintaan pasar Tata Nano diIndia. Tingginya permintaan pasar untuk Tata Nano di India yang menyebabkan Tata Motor belum memproritaskan pasar Indonesia ."Sehingga, paling cepat tahun kita baru akan pasarkan di Indonesia," bilang Area Manager tersebut.

Untuk saat ini, Tata Motor baru mempelajari keadaan pasar di Indonesia, sambil terus mencari partner untuk memasarkan mobil imut tersebut di pasar Indonesia.
Di India, Tata Nano sudah dibanderol seharga Rp 40 jutaan, dengan dua pilihan, menggunakan AC dan tanpa AC.

Myanmar.

Tata Motor menandatangi kontrak kerjasama dengan Myanmar Automobile And Diesel Industries Limited, sebuah perusahaan negara Myanmar untuk mendirikan truk berat di Magwe, sekitar 80 km dari Yangon
Proyek ini didanai oleh sebuah kredit dari pemerintah India.
Fasilitas yang direncanakan di pabrik termasuk chassis yang fleksibel dan perakitan bersama dengan manufaktur taksi.
Pabrik ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal terakhir tahun 2010-2011, dengan kapasitas 1.000 kendaraan per tahun peningkatan kapasitas untuk 5.000 unit


Sumber :
http://www.indoforum.org/showthread.php?t=88331